Sunday 5 January 2014

FJ - 18. PASCA PENGUBURAN JENAZAH



Selesai pengurukan, disunnahkan melakukan hal-hal sebagai berikut :
1. Meletakkan di atasnya : pelepah kurma yang masih segar, atau bunga/kembang yang masih basah, atau dedaunan dan tetumbuhan segar lainnya di atasnya.[1]
2. Menyirami dengan air dingin, dan boleh juga dengan air kembang.[2] Hikmah dari penyiraman ini antara lain agar tanahnya menjadi padat dan subur sehingga tetumbuhan akan mudah tumbuh.
3. Memberi tanda misalnya berupa batu nisan, maesan, patok, atau sejenisnya).[3]
4. Bila jenazahnya sudah baligh, sunnah dibacakan talqin.[4] Dalam hal ini petugas duduk di sebelah barat arah kepala jenazah dan menghadap ke jenazah, lalu membacakan talqin. Sedangkan para pelayat yang hadir disunnahkan dalam keadaan berdiri. Adapun teks talqin tersebut di bawah.
5.  Selesai pembacaan talqin, para pelayat, terutama dari pihak keluarga, sebaiknya tidak langsung pulang, akan tetapi diam sebentar sekedar berdoa memohonkan ampunan dan tatsbit (keteguhan hati dalam menghadapi malaikat Munkar dan Makir) bagi jenazah,[5] disamping membacakan ayat-ayat Al-Qur’an, surat Yasin, bacaan Tahlil dan kalimat thoyyibah lainnya.[6]



[1] )  Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj, III/198
[2] ) Nihayatuz Zain, hal. 145; Al-Bajuri, I/257.
[3] ) Syaikh Al-Bakri, , I’anatut-Tholibin I/140
[4] )  Al-Adzkar an-Nawawiyah, hal. 206; Majmu’ Fatawa wa Rosail hal. 11
[5] )  Dari Usman bin Affan, katanya : Adalah Rosululloh ketika selesai penguburan jenazah, beliau berdiri di depan (menghadap) makam, dan bersabda :
اِسْتَغْفِرُوْا اللَّهَ لِأَخِيْكُمْ  وَ سَلُوْا لَهُ التَّـثْبِيْتَ فَإِنَّـهُ الْآنَ يُسْأَلُ  .  (رواه أبو دَاود)
 Mohonkanlah pengampunan kepada Alloh untuk saudara kalian ini dan mohonkanlah untuknya keteguhan, karena ia sekarang ditanya” (HR Abu Dawud, Al-Hakim dan Al-Bazzar).
[6] )  Al-Adzkar an-Nawawiyah, hal. 147.



1 comment:

  1. assalamualaikum wr wb. mohon izin copas, semoga berkah untuk amalkan.

    ReplyDelete