Sunday 5 January 2014

FJ - 15. MENGUBURKAN JENAZAH




Persiapan Penguburan Jenazah :
 1. Sebelum jenazah diantar ke kuburan, perlu mempersiapkan liang kubur terlebih dahulu. Ukuran panjang, lebar dan kedalamannya disesuaikan kondisi adat setempat, diantaranya :
- Panjangnya + sepanjang tubuh jenazah ditambah kira-kira setengah meter;
- Lebar atau luasnya + 1 meter;
- Kedalamannya setinggi orang berdiri ditambah satu hasta
- Bentuknya ada dua macam :
a. Liang lahad. Liang kuburan dengan ukuran di atas, pada tembok dinding bawah sebelah barat dilubangi, sekira cukup untuk membaringkan jenazah,atau tidak dilobangi, tapi mayat disandarkan di tempok barat lalu ditutup papan kayu yang dipasang miring ke timur.
b. Liang Syaq / liang cempuri. Liang kuburan dengan ukuran di atas, pada bagian tengahnya ada lubang semacam parit, sekira cukup untuk jenazah (+ selebar setengah meter) 
2. Mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk penguburan, seperti papan kayu dan semisalnya (untuk penahan agar urukan tanah tidak langsung mengenai jenazah), kayu/batu nisan, keranda / benduso / kereta jenazah, kendaraan/ambulan bila tempatnya jauh, dan lain-lain

---------------------------------------------------
 Sumber : Buku “Tatacara NU Merawat Jenazah”, oleh Tim Penyusun PCNU Kota Surabaya, diterbitkan oleh PC.LTNNU Kota Surabaya, cet.1 - 2011.











No comments:

Post a Comment