Thursday 27 April 2017

Upaya Meneladani Perjuanga Walisongo Melalui WISATA ZIARAH - [ZW 1]


_________________________
Oleh Achmad Suchaimi


Ziarah di makam Sunan Ampel Surabaya

Pendahuluan :

Akhir-akhir ini Wisata Religi “Ziarah Walisongo”  sudah menjadi tradisi kaum muslimin --terutama di kalangan kaum nahdhiyyin--. Hampir setiap hari kita saksikan Bus-Bus Pariwisata berjajar di tempat-tempat parkir sekitar makam Auliya’ tersebut. Ini menunjukkan betapa semangatnya kaum muslimin mengadakan Wisata yang ada nuansa keagamaannya, sebagaimana “Ziarah Walisongo”. Wisata Religi semacam ini tidak hanya dikenal di Jawa, di pulau di Bali pun dikenal Wisata Religi “Ziarah Walipitu”. Obyeknya adalah 7 makam  Islam yang diyakini sebagai Auliya-illah di pulau Bali.

Manfaat dan faedah yang dapat diperoleh para peziarah dari Wisata Religi semacam ini tidak sekedar refreshing untuk mencari kesenangan atau melepas kejenuhan. Akan tetapi juga berfungsi sebagai:

1. Aktifitas Dzikrul Maut, mengingat Mati, yang sangat dianjurkan Islam. Dari aktifitas ini akan muncul semangat untuk meningkatkan amal ibadah dan amal sholeh sebagai bekal persiapan kehidupan di akhirat.

2.  Mendorong untuk mencontoh prilaku dan mensuriteladani perjuangan Auliya’ tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan berikut ini secara bersambung akan memaparkan tata aturan syari’at tentang tatacara atau adab sopan santun dalam berziarah kubur, terutama berziarah ke makam Auliya’. Dengan harapan agar para peziarah dapat menjalankan ziarah sesuai tuntunan Islam dan tidak terjerumus kedalam praktek-praktek yang menyimpang lagi menyesatkan.

Selain itu, akan dipaparkan sejarah singkat perjuangan Walisongo beserta ajarannya, agar para peziarah dapat mengambil I’tibar dan suri teladan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Akhirul kalam. Semoga ada guna manfaatnya. Amin.






No comments:

Post a Comment